Senin, 15 Februari 2010

Sistem Terdistribusi.. apaan tuh??

hmmmmm....sebenernya gak ngerti sih apa tuh sistem terdistribusi, tapiiiiiii harus semangat dunk di kerjakan..hehehehhehe...


Definisi Sistem Terdistribusi/Sistem Tersebar:

Sistem terdistribusi merupakan sebuah sistem yg komponennya berada pd jaringan komputer. Komponen tsb saling berkomunikasi & melakukan koordinasi hanya dgn pengiriman pesan (message passing). Sistem terdistribusi membutuhkan perangkat lunak yang berbeda dengan sistem terpusat.

Adapun tujuan dari sistem terdistribusi adalah menyatukan kemampuan dari sumber daya (dalam hal ini adalah sumber daya komputasi) yang terpisah secara fisik, ke dalam suatu sistem gabungan yang terkoordinasi dengan kapasitas yang jauh melebihi dari kapasitas individual komponen-komponennya.

Tujuan lain yang ingin dicapai dalam komputasi terdistribusi adalah transparansi. Kenyataan bahwa sumber daya yang dipakai oleh pengguna sistem terdistribusi berada pada lokasi fisik yang terpisah, tidak perlu diketahui oleh pengguna tersebut. Transparansi ini memungkinkan pengguna sistem terdistribusi untuk melihat sumber daya yang terpisah tersebut seolah-olah sebagai satu sistem komputer tunggal, seperti yang biasa digunakannya.

Contoh: Internet, intranet, mobile computing

Sisem terdistribusi dibutuhkan dewasa ini,disebabkan hal-hal berikut:

  • Performance: sekumpulan prosesor dapat menyediakan kinerja yang lebih tinggi daripada komputer yang terpusat
  • Distribution: banyak aplikasi yang terlibat, sehingga lebih baik jika dipisah dalam mesin yang berbeda (contoh: aplikasi perbankan, komersial)
  • Reliability: jika terjadi kerusakan pada salah satu mesin, tidak akan mempengaruhi kinerja system secara keseluruhan
  • Incremental Growth: mesin baru dapat ditambahkan jika kebutuhan proses meningkat
  • Sharing Data/Resource: Resource adalah segala hal yang dapat digunakan bersama dalam jaringan komputer, meliputi hardware (e.g. disk, printer, scanner), juga software (berkas, basis data, obyek data).
  • Communication: menyediakan fasilitas komunikasi antar manusia

0 komentar:

Posting Komentar